Intel Core i7 VS AMD Phenom II

Untuk kesempatan kali ini saya akan mancoba berbagi info dan gambaran peta persaingan prosesor antara Corei7 dengan Phenom II. berikut ini beberapa point inti yang perlu kita ketahui :

IntelCorei7ExtremeIntel Core i7 Codename Nehalem(Corei7 920, 924 / Corei7 EE 965)

Prosesor ini resmi diluncurkan bulan november 208 kemarin. Apa saja sich kelebihan yang dimiliki oleh Core i7 dari prosesor lainnya yang diklaim “Prosesor tercepat dimuka bumi ini”???

>>Intel QPI(Quick Path Interconnect) teknologi yang menggantikan system FSB pada prosesor core2Duo, sehingga koneksi antara modul memori pada prosesor Corei7 ini dapat berjalan lebih cepat dan dengan bandwith lebih besar.

>>4 Core prosesor dengan 2thread pada masing-masing Core sehingga Core177 memiliki total 8 thread. Dengan OS yang tepat, kita akan mendapatkan 8 prosesor dalam 1 keping prosesor. (windows Vista / windows 7)

>>Integrated MCH dengan 3 channels DDR3 1066MHz

>>Fabrikasi 45nm, cache 8Mb, TDP 130W, QPI 4.8/6.4GT/s. socket LGA 1366. Untuk saat ini hanya ada 1 chip yang benar-benar compatible dengan prosesor tercepat di Intel ini, yaitu Intel X 58 Exp Chipset dengan ICH 10/10R pada SouthBridgenya.

Menjawab tantangan pasar untuk terus bersaing dengan kompetitor, AMD segera meluncurkan phenom generasi ke-2 dengan perbaikan dibeberapa sisi, antara lain :

>>AMD 64 with Direct Connect Architecture, dapat meningkatkan system performance dengan menghubungkan secara langsung prosesor, memori kontroler, dan input output kedalam keping prosesor.Phenom-II-X4-955-Runs-at-3-2GHz-Already-Listed-2

>>Balanced Smart Cache, menyediakan cache yang cukup untuk semua core

>>Integrated DDR2 DRAM Controller with AMD Memory Optimizer Technology

>>AMD Cool n Quiet 3.0 technology

>>Dual Dynamic Power Management. Management power untuk efisiensi daya pada core prosesor dan memory kontroler

>> Fabrikasi 45nm, cache 8Mb, TDP 125W, HT 3.6GT/s, socket Am2+. Chipset yang kompatibel cukup banyak yaitu AMD 780G, 790GX, 790FX dan nVIDIA nFORCE 780 SLI.

Tips :

1. Needed, tentunya kita tidak akan membeli prosesor hanya untuk nonton film dengan deringan musik sambil ngetik.

2. Technology VS Price, suatu hall yang wajar jika kita membayar mahal untuk technology terbaru saat ini.

3. Brand Minded, faktor kepuasan pribadi inilah yang lebih berpengaruh dari pada performa nyata dari kedua prosesor ini.

4. Availability, faktor ketersediaan barang juga menjadi pertimbangan penting untuk membeli suatu produk.

5, Service and Durability, layanan purna jual dan daya tahan dari kedua produk ini dapat dijadikan pertimbangan akhir.

>> Corei7 dengan motherboard berchipset X58 akan mengarahkan anda untuk menggunakan DDR3 sebagai memorinya

>> PhenomII memberikan anda pilihan lebih bersahabat pada chipset dan memory, DDR2 tentukan bukan barang mahal

>> Review global warming membuktikan Corei7 masih yang tercepat, sedangkan PhenomII memberikan anda solusi lebih Hemat listrik.

Slamat membaca, semoga berguna, dan jngn lupa isi comment yaa????….

Advertisements

41 thoughts on “Intel Core i7 VS AMD Phenom II

  1. hmmm….
    stuju…
    slaen itu phenom jg lebih murah….
    and i7 supaya ngga bottleneck.. Hardisk pake yg SSD.. untuk mengimbangi kecepatan dari speed yang di berikan DDR3 + prosessor ultra cepat…

  2. mnurut pndpat saya,
    tahan lama alais awet,kaitannya sma hardware pndukung lain ex: PSU yg dipake..
    main game n editing jg sama,dukungan hardware lain juga ngaruh ex VGA, RAM, dll..

    klo di bandingin dengan spesifikasi yg sama/setara,biasanya AMD menang di harga yg lbh terjangkau,klo performa d benchmark ga beda jauh,dikit lah,intel menang di brand/nama dan dominasinya d pasaran,AMD pny sesuatu yg bagus n unik tpi jrang dipamerkan/promosi..
    klo mnrtq beda aja rasanya klo pake AMD..( pndpat pribadi )

    sya pake komputer dg procie AMD Athlon 3000+ AM2, udah hmpir 4 tahun!nice2 aja,ga klah sama yg pentium2 4,puas deh,mskpun prnah pinnya bengkong gara nyabut kipas,tpi procienya lengket dikipas gara2 thermal paste….tpi masih oke2 aja..

    klo antara phenom II vs Core i7
    lbh suka phenom, alesannya imagenya lbh unik ( pribadi bgt )..hhhheuu

    tk kirain Core i7 tuh pny core 7,,wah intel mmbuat pembodohan..jahat…wkwkwkwk

    • kalo bro udah pernah nyobain Intel Core i7, baru tau deh bedanya sama Phenom II series..

      kalo menurut saya, Phenom II series juga nggak bisa lah dicompare sama Core i7 karena memang bukan kelasnya. performa Phenom II series hanya bisa bersaing dengan Intel Core 2 Quad Q9550/9650 yang udah keluar lebih dari setahun yang lalu..

      karena memang udah nggak berada di segmen yang sama, jadi nggak usah ngomongin harga. yang pasti ya udah jelas beda banget dong..

  3. phenom II dipasang DDR3?
    phenom II menggunakan soket AM3, bisa dipasangkan dengan DDR2 dan DDR3, tergantung mainboardnya sekarang, berarti cari mainboard soket AM3 yang support / menyediakan slot DDR3….

    cuma intel core i7 yg mengharuskan pake DDR3…wah pemerasan tuh,,hheu,,sorry bwt yg ngefans sama intel..

    • ya kalo cuma mau setara Phenom II doang ya bisa pake Intel Q9550 dengan motherboard P45/X48 yang masih pake DDR2, gampang kan?

      seperti yang saya bilang, Phenom II dengan Core i7 itu beda segmen jadi nggak bisa dicompare secara head to head..

      kalo hanya membutuhkan performance tanpa mempertimbangkan harga, Core i7 itu pilihannya. tapi kalo masih mikir harga ya silahkan lirik seri dibawahnya. Q9550 ataupun Phenom II series cukup oke kok, meskipun Q9550 tergolong jadul.. tapi dengan keluarnya Core i5 yang harganya nggak beda terlalu jauh dengan Phenom II 955/965 BE, pasarnya agak sedikit kacau lagi neh. yang tadinya pada berbondong-bondong pake AMD karena nggak kuat beli i7 sekarang jadi banyak juga yang beralih ke i5.

      saya bukan fanboy-nya intel, saya juga bukan fanboy-nya amd. saya hanya berusaha menjawab dengan objektif sesuai dengan pengalaman saya. kebetulan beberapa bulan yang lalu juga diundang sama amd untuk mengetest kemampuan processor terbaru mereka yaitu Phenom II 965 dan Athlon II 620 http://greatstyo.wordpress.com/2009/09/14/amd-erz-ln2-party-golden-city-mall-surabaya/

    • kak,, mna bagus’an performa’na AMD, pa Intel,,???
      cz,, saya mw nyari2 laptop,, tp bngung mw nyari yang mna,,,???
      tlong d bantu,,,!!!!

  4. Om stefanus,klo AMD phenom II 965 BE isa di head to head am INTEL core i5 ato ga kaga..bagus yg mana tuh om,klo diliat dari performancenya??

  5. mohon pencerahan nya
    bisa dijelaskan point-point alasan mengapa amd phenomII series tidak dapat disetarakan dengan Intel Core i7
    oh iya kabar nya intel sudah mengeluarkan intel core i7 975 xe,apa perbedaan dengan seri sebelum nya[965]?

    • jujur aja dah… dri pada boong…. aku gak ngikutin perkembangan processor bngt. aku cmn share apa yg aku tau… maaf bngt nih, aku gak bisa jawab pertanyaan mas nero.
      sbnar’a udah bisa diliat kok dri comment’a aja bnyak yg lebih ahli dri yang posting post ini. thx buat comment’a. maaf, karna tdak bisa mencerahkan mas nero. mas bisa tnyakan dngn orang2 yng comment post ini klo mas mau. okk…

    • aku bantu jawab ya mas..
      intel memang sudah mengeluarkan Core i7 975 XE itupun udah agak lama. sama saja dengan Core i7 965 XE, hanya saja dengan clock speed yang sedikit lebih tinggi. Core i7 975 ini dikeluarkan intel untuk mengganti/merevisi Core i7 965. kenapa? karena Core i7 975 menggunakan rev D0 yang diklaim memiliki kemampuan overclocking lebih tinggi dibandingkan dengan Core i7 965 yang masih menggunakan rev C1/C3. harganya sama aja, mahaaalllll…. (>$1000) 😛

      AMD Phenom II nggak bisa disetarakan dengan Core i7 (alasan yang simple aja yah):
      1. Core i7 menggunakkan 4 core dan 8 thread, sedangkan Phenom II menggunakan 4 core dan 4 thread

      2. Core i7 menggunakakn 3-channel DDR3 sehingga menghasilkan memory bandwith yang sangat besar, sedangkan Phenom II hanya menggunakan 2-channel DDR3

      3. Memory controller pada Phenom II masih belum sempurna, sehingga masih sering bermasalah jika menggunakan memory dengan frekuensi yang tinggi. sangat sulit untuk menembus 2000MHz atau lebih. sedangkan untuk Core i7 ataupun Core i5 rasanya untuk menembus kecepatan memory diatas 2000MHz itu adalah hal yang sangat biasa. (depend on your memory)

      segitu dulu aja deh, nanti dilanjut lagi.. udah ngantuk soalnya.. 😛

      • mantap baget comment-nya… sorry bagget mas tri setyo aku baru aja baca semua, aku sangat terkesan… bukan bearti beda-bedain i7 vs amd phenom II x2,x4, tapi aku pengguna intel, selama ini kugunakan hanya untk track musik, kurasa sudah cukup puas mnggunakan intel i5… untk i7 terlalu mahal, dulu aku pernah coba pake amd..keluhan-nya banyak banget… apalagi kalau ku pake buat track musik…. suka gampang nge-hang kalo udah panas… thank u banget mas… salam kenal…?

  6. @stefanus
    Hahaha..santai aja bro..toh kita sama” mencari pengetahuan..
    Yup..salute!!dari pada bohong,mending bicara apa adanya..cool!!

    @try setyo
    thx info nya.. Core i7 lebih baik dari phenom2 965!!kalo kata orang sunda bilang”harga mah moal ngabobodo!![harga ga akan bohong!!]”

  7. Bagi saya yang agak awam di bidang prosesor keterangan di atas belum memberi katerangan yang cetha wela-wela alias membingungken. Yang saya minta pada bulan maret 2010 ini prosesor amd yang benar-benar setara dari segi kecepatan, kemampuan grafis, game, matematis, daya tahan panas, tenaga listrik, entertainment dan lain-lain dengan intel core i7 itu jenis amd yang mana pastinya, yang tidak meragukan dann membingungkan. Thanks

    Catatan.
    Komentar di atas sudah saya baca di selebaran pada pameran komputer bulan Juni atau Juli 2009, jadi kuno mas.

    Matur Nuwun.

  8. iki do ngemengepeh to wong nduwurku ki? hahaha

    gini aja pada diributin

    haha..
    kasian yg bikin posting tuh…

    kaya orang bego…

    wakakk pissss…

  9. knapa ya ane ko lebih prefer ke phenom 😀 emang buat maen apa sih cepet-cepet amat? paling banter juga game doank ha.. ha.. pake i7 juga pecuma kalo cuman pake vga enty level, semuannya harus sepada dengan hardware yang lain.. saya rasa phenom ll x4 955 BE udah lebih dari cukup cuman buat maen game, plus VGA yang kuat juga kaya 5xxx series ato VGA gf 4xx cmiww…
    nice post brow..

  10. Hmm gw sendiri udah ngeliat pertarungan INTEL VS AMD, kalo gw sendiri pengguna Phenom x4 965BE, Truz temen gw Pengguna i5 760, setelah di coba masing2 proc punya kelebihan dan kekurangan, namun ada juga yg punya kekurangan sama,
    1.i5 760, proc yang satu ini bisa di kategorikan bagus dan stabil untuk keperluan Multitask, terlebih keluarga intel memang punya kelebihan di situ, yah bisa di bilang high perfom lah, dalam urusan multi dimensional, namun justru uji coba memperlihatkan i5 lebih cepat panas dari pada Phenom yang baru, walaupun perbedaannya 20 derajat, namun sangan signifikan, maklum transistor i5 sebenarnya hanya percobaan untuk seri i7 ataupun i9 yg akan keluar sebentar lagi, namun kalo ente orang video editor i5 adalah jawaban yang paling tepat.
    2.Phenom X4 965, kalo yang 1 ini sepertinya memang bisa dibilang murah meriah, kalo mao di bandingin proc yang satu ini bisa berbangga dengan kemampuanya Menahan Grafik, cuma di sayangkan demi mendukung itu si Phenom harus memiliki RAM yang cukup, namun AMD memang meracik seri quadcore family ini untuk multifungsi kuat buat game, yah cukuplah untuk editing, namun saran anee, kalo ente orang grafis, lebih baik memilih i5, karena perfomnya cepat memang,

    Kelemahan yang sama adalah kemampuan Menaikan performa grafik yang high end, jadi kalo ada uang buat beli VGA mendi seri 5700 ati, atau vapor 5600, karena sudah dibuktikan untuk seri di atasnya di anggap mubazir coz 2 proc di atas selain i7 tidak ada yang bisa mengeluarkan kemampuan dasyhaaaat VGA seri 5800 atau bahkan 5900,

    bahkan yang gw baca di forum2 sbenarnya i5 dan phenom x4 gbisa dibandingkan karena ke 2 proc punya spesialis masing2 untuk i5 yg tadi gw bilang multitask, mao render+nonton pelm+denger music+compare program pk netbean kuat,
    nah si Phenom kuat buat grafik+lebih dingin dari i5 dan emang Dari dulu AMD paling enak di OC
    dari pada intel. maap gw gbisa nulis banyak2 coz takut mubazir ^^ mohon maaf kalo salah kata
    JUST SHARED

    • klo dtinjau scra ksluruhan ya, AMD menang di grafik bro. klo Intel performa lbih unggul kecuali dlm hal grafik.
      klo ditinjau dri soal harga ya klo buget pas2an pilih aja AMD, tpi klo pnya buget lumayan pilih aja intel. cmn itu sih yg bisa ak share.. smga mmbantu. haha

  11. mau minta pendapat kalo spek pc ky gini gmana ?
    apakah untuk editing video,desain 2D & 3D ga lemot ?
    minta saran 🙂
    Foxconn A880 GA Am3 Max,AMD Phenom II X2 555BE,NVIDIA Deforce GT 430 1GB,kingston 2GB, HDD 500GB, PSU advance 450W, optical driver DVD RW LG SATA
    mohon bantuannya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s