Beep function and other sound function on C/C++

Seperti artikel-artiket saya sebelumnya tentang bahasa C, artikel ini pun saya buat karena saya mendapatkan pengalaman saat saya mendapatkan tugas dari dosen saya. Sungguh saya berterima kasih pada dosen saya karena tugas yang dia berikan sungguh menantang mahasiswanya untuk selalu berinovasi.

Ketika itu saya ingin memasukan suara pada code C saya, dengan rasa ingin tahu saya menanyakan kepada paman google. Sayapun mendapatkan beberapa code dalam pembuatan sound beep pada C code.C

Code-code tersebut adalah,

  • Beep(X,Y);

dimana X adalah frekuensi suara dalam satuan hertz yang ingin ditimbulkan oleh speaker pada main board, sedangkan Y adalah durasi yang anda inginkan pada beep tersebut dengan satuan millisecond. Untuk dapat menggunakan Beep function ini anda harus menyertakan library #include<windows.h>

  • printf(“\a”);

code diatas juga dapat menimbulkan suara pada komputer anda. Namun sura yang ditimbulkan tidak bervariasi melainkan hanya monoton pada suatu frekuensi tertentu. Code diatas biasanya digunakan sebagai suatu peringatan(Warning) kepada user jika ada kondisi yang mungkin tidak diinginkan oleh user pada program yang sedang dijalankannya.

  • Sound(X);

code ini saya dapatkan dari salah satu sumber pencarian saya oleh paman google. Dalam penggunaannya anda harus menyertakan library #include<dos.h>.  X adalah frekuensi yang dihasilkan oleh suara beep tersebut. sedangkan untuk mengatur durasinya anda dapat menggunakan code,

Delay(Y);

dimana Y adalahdurasi dalah satuan millisecond. Dan code untuk memberhentikan sound adalah,

Nosound();

untuk code yang terakhir saya belum dapat menyarankan anda untuk menggunakannya, karena sampai sekarang sayapun belum dapat menggunakannya .

Anda bisa mendukung saya untuk tetap melakukan update tutorial dengan cara mem-follow blog saya, atau mem-follow twitter saya disini, bisa juga dengan meninggalkan komentar dan atau me-request tutorial yang anda inginkan. Best regards, eSDhee

6 thoughts on “Beep function and other sound function on C/C++

  1. itu cuma suara beep?kalo suara yang laen gimana?seperti saya input angka satu lalu keluarnya suara kodok ato yg laen bisakah?

Leave a Reply

