Report Software Freedom Day 2009 – UAJY

Software Freedom Day 2009 di UAJY diadakan pada Sabtu, 3 Oktober 2009. Dan OSUM UAJY sendiri, mengalami sedikit kendala dalam mengadakan event ini. Karena mengingat tanggal 2 Oktober 2009 diadakan Upacara Dies Natalis UAJY ke 44. Dan pada tanggal tersebut kampus diliburkan, Jadi kuliah yang diadakan pada tanggal tersebut dipindah ke tanggal 3 Oktober. Namun bisa dikatakan event SFD ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan.

Acara SFD ini dilakukan di Laboratorium Jaringan Komputer UAJY dan dihadiri kurang lebih 25 orang. Acara ini bersifat internal, hanya untuk mahasiswa UAJY. Acara dimulai sekitar pukul 09.15 WIB. Dan selesai tepat waktu sekitar pukul 12.15 WIB. Acara ini dipandu oleh MC Stefanus Diptya Adeshya Anindito (OSUM Leader Junior UAJY).

09.15 – 09.30   : Pembukaan dan Sambutan

DSCN7584
Dari pihak kampus UAJY sendiri, sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh OSUM. Hal ini dibuktikan dengan Pembukaan Sofware Freedom Day oleh Kaprodi TF UAJY Bapak Kusworo Anindito, S.T., M.T. Beliau memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari FOSS. Beliau juga menjelaskan mengenai teknologi dan keuntungan-keuntungan menggunakan FOSS. Dengan FOSS suatu perusahaan bisa melakukan efisiensi, dan tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan tersebut.

09. 30 – 09.45  : Penjelasan Software Freedom Day
DSCN7590 Pada sesi ini, dilakukan penjelasan singkat tentang Software Freedom Day. Tujuan, dimana saja SFD diadakan, apa saja yang dilakukan SFD, dsb.

09.45 – 10.30  : Pengenalan Komunitas KSL dan OSUM UAJY

Sesi ini diisi oleh Rio Purwanggono (OSUM Leader UAJY). Memperkenalkan fasilitas bagi mahasiswa untuk belajar dan berkembang melalui komunitas. Pada sesi ini juga dijelaskan manfaat bagi mahasiswa jika bergabung dengan OSUM. Dengan bergabung dengan OSUM, mahasiswa bisa mendapatkan resource-resource dan juga bisa berinteraksi dengan OSUM member dari berbagai belahan dunia (Awesome!!).

10.30 – 10.45  : Istirahat

Istirahat dilakukan 15 menit. Pada saat istirahat, para peserta menikmati snack yang telah disediakan. Selain itu para peserta bisa berkenalan satu sama lain, untuk menjalin keakraban. Mengingat event ini diikuti dari berbagai angkatan.

10.45 – 11.30  : Demo Linux

DSCN7589
Materi ini disampaikan oleh Joe, sebagai Ketua KSL (Kelompok Studi Linux) UAJY. Joe memperkenalkan Linux, dimulai dari awal sejarah Linux, dan perkembangan-perkembangannya yang sangat cepat hingga bisa seperti saat ini. Demo Linux berupa cara penggunaan Linux itu sendiri. Dengan Linux kita bisa chatting, browsing, multimedia, dll. Joe juga menjelaskan command Linux dasar secara singkat.

11.30 – 12.15  : Demo OpenSolaris
DSCN7605

Sesi ini diisi oleh Novizul Efendi dari UGM sekaligus sebagai Coordinator OSUG-Jogja (OpenSolaris User Group – Jogja). Novizul Efendi yang akrab dipanggil “Izul” memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara Solaris dan OpenSolaris. Dan juga fitur-fitur OpenSolaris seperti ZFS, Zones, TimeSlider, dan DTrace. Izul juga memberikan demo singkat cara menggunakan OpenSolaris, pada sesi ini juga didemokan cara menginstall aplikasi (OpenOffice 3) pada OpenSolaris melalui command line.

Di akhir tiap sesi diberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan juga di akhir tiap sesi diberikan pertanyaan-pertanyaan. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan, akan mendapatkan hadiah / goodies dari SUN MICROSYSTEMS yang telah banyak memberikan support. Total goodies yang dibagikan yaitu 10 SlingBags dan 2 x Flash Disk 2GB. Hal ini sangat berguna untuk membuat mahasiswa aktif. Hal ini terlihat dari antusias peserta dalam menjawab pertanyaan : ) .
DSCN7594
Di akhir acara, OSUM UAJY memberikan kesempatan bagi peserta yang ingin menjadi koordinator OpenSolaris UAJY. Dan Victor Paratama Solihin (angkatan 2008) mengajukan diri dan bersedia menjadi koordinator OpenSolaris (selama acara, Victor yang paling aktif. Dan mendapatkan goodies paling banyak. Salah satunya flashdisk 2 GB : ) Fotonya yang disebelah kanan). Nantinya Victor dibantu OSUM UAJY ingin mengembangkan OpenSolaris, khususnya di dalam kampus UAJY sendiri.

Dan di akhir kata, OSUM UAJY mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung diadakannya event ini. Semoga OSUM UAJY bisa terus eksis, berkembang, dan bisa membuat event-event berikutnya yang lebih besar lagi. Amin.

Source :  http://riopurwanggono.blogspot.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s