24 Rekor Dunia Indonesia yg tidak dimiliki negara manapun!!

Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air kita Indonesia, namun ada puluhan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia karena sampai saat ini blom ada yang mampu memecahkan rekor tersebut dari Indonesia.

Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia.

  1. Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
  2. Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2)
  3. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  4. Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.
  5. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  6. Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.
  7. Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.
  8. Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850)
  9. Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.
  10. Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  11. Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.
  12. Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).
  13. Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  14. Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  15. Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.
  16. Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  17. Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.
  18. Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  19. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.
  20. Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.
  21. Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.
  22. Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.
  23. Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 49 kaki (14.94 meter) di Sulawesi.
  24. Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

Ngacir ke sumber gan..

Advertisements

46 thoughts on “24 Rekor Dunia Indonesia yg tidak dimiliki negara manapun!!

  1. Ini nih yang saya suka, artikel yang menceritakan seputar kehebatan bangsa kita. Jadinya tidak harus membangga-banggakan kehebatan bangsa lain. Karena bangsa kita, adalah lebih hebat dibandingkan bangsa lain..
    Maju dan jaya terus INDONESIA 🙂

  2. wah keren juga yaa
    penghasil CPO terbesar di dunia juga bisa dimasukkan
    penyelenggara pertama Asian Beach Games
    negara Asia pertama di Piala Dunia (iya bukan?)

  3. Pingback: 24 Rekor Dunia Indonesia yg tidak dimiliki negara manapun!! « Dj Riyan

  4. hidup INDONESIA…..!!!! kita sebagai generasi muda,harus bisa mencintai negara kita sendiri,,,,, MERDEKAAAAAAAA,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!

  5. waduh memang benar negara kita ini kaya akan semua hal termasuk yang diatas tadi..

    saya takjub akan indonesia

    ==GARUDA DI DADAKU MERAH PUTIH DI HATIKU==

  6. bangga saya jadi orang indonesia….
    meskipun dibalik itu semua tersimpan “borok” yang sangat “menyakitkan” karena ulah-ulah politisi rakus di negara ini….

    entah harus senang atau sedih…… 😦

  7. Pingback: 24 Rekor Dunia Indonesia yg tidak dimiliki negara manapun!! | Double 9 Site | All of Unique Info

  8. Kalo bangga sih bangga, tapi gak suka sama Indonesia karna sekarang penduduk Indonesia suka lupa sama Bhinneka Tunggal Ika 😦 padahal motto itu paling HEBAT loh menurut aku.. Coba aja itu motto dijalanin, mungkin aja bisa jadi Negara paling damai di dunia 🙂 Good Luck Indonesia 🙂

  9. Wah, Kalo Ditanya Korupsi mah.. gampang, udah pasti no 1!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ada yang kurang!
    rekor pulau terkotor dan juga kota denga 1000 mall(jakarta)

    insha allah indonesia selalu lebih baik!!!!!!!!!11

    maju indonesia semangat 45!

  10. ada juga tu dolly terbesar se asia.
    hehehe
    kita bangsa Indonesia harus saling menghargai ,jgn ada lagi pertumpahan darah antara suku dan agama,
    kasian nanti di dapur gak ngasap lagi,
    jangan mau terpancing sama forum malaysia yg suka buat blog masalah ras dan agama yg hanya memperpecah bangsa kita sendiri,
    jadi mari kita menimba ilmu yg sebanyak2 nya, belum ada kan org indonesia yg jadi angkasawan, belum ada kan indonesia menjadi pencipta satelit,
    jadi marilah anak muda yg lain ciptakan generasi kedepan utk kita sendiri,utk Indonesia sendiri,bangsa sendiri,
    mulailah dari hal yg kecil, cintai lingkungan kita , saling menghormati,
    salam saya dari sengata kaltim.

  11. Kalau saya bisa menambahkan, Indonesia juga negara paling berani di dunia.

    Disaat negara-negara lain kemerdekaannya diberi oleh negara lain, Indonesia mendapatkan kemerdekaan dengan perjuangannya sendiri, tidak lupa karena didukung berkat Tuhan YME. Oleh karena kita memperjuangkan kemerdekaan kita sendiri, pada 1945 kita sulit mendapatkan pengakuan dari negara lain, hal ini memberi kesulitan tersendiri bagi perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

    Karena walaupun kita telah berhasil mencapai kemerdekaan, kita harus menghadapi tantangan sebagai negara baru yang bisa dibilang hampir tidak memiliki persiapan apapun, presiden, wakil presiden, undang-undang dasar, semuanya dibuat secara mendadak karena kita merdeka sendiri. Bahkan untuk mendapat pengakuan Belanda, negara kita ini pernah merubah bentuk menjadi negara serikat.

    Belum lagi adanya Partai Komunis Indonesia dan berbagai liku-liku pemerintahan, ekonomi, dsb yang harus dihadapi bangsa kita. Kita semua sebagai warga negara bangsa yang hebat ini sudah selayaknya bangga menjadi warga negara Indonesia dan turut berpartisipasi dalam perkembangan bangsa dalam langkah menjadi negara maju.

    Terima kasih atas artikel ini, semoga anak bangsa menjadi semakin menghargai dan menghormati bangsa kita ini setelah memahami kehebatan Indonesia. Semoga info tambahan yang saya berikan bermanfaat.

  12. Saya bangga pada negara indonesia daripada negara lain , karna indonesia sudah memecahkan rekor dunia yang terbanyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s