Pesawat Luar Angkasa, Celestia…

Pernahkah anda bercita-cita menjadi astronot? Mengelilingi angkasa raya, mengamati jajaran planet dari stasiun angkasa luar, hingga menginjakkan kaki di sejumlah planet (ketika teknologi sudah mendukung). Semuanya itu butuh persyaratan dan pelatihan yang akan memakan waktu lama. Jangan menyesal jika anda tidak lulus uji masuk NASA. Anda yang tidak pernah bercita-cita menjadi astronot pun bisa berkelana di luar angkasa kapan pun anda mau, asalkan memiliki komputer berbasis Mac OS X, Windows 98 sampai Windows 7, atau Linux serta meng-install program gratisan yang bernama Celestia.
Pesawat Luar Angkasa Bernama Celestia

Aplikasi bertampilan 3D (3 Dimensi) yang lumayan apik ini memang memperlakukannya sebagai pesawat luar angkasa dengan aneka fitur pengamatan yang lumayan lengkap dan agar rumit. Karenanya, ada baiknya saat men-download file installer dari situs resminya (shatters.net/celestia), anda juga men-download dokumen PDF (shatters.net/celestia/documentation.html) atau anda juga bisa membaca Celestia Wikibooks (en.wikibooks.org/wiki/Celestia), sebagai referensi saat menggunakan aplikasi yang menarik ini.

Pesawat Luar Angkasa Bernama Celestia
Celestia juga menyediakan sejumlah add-ons atau plugin pelengkap aplikasi (shatters.net/celestia/addons.html), seperti tambahan tekstur planet dan pesawat ruang angkasa, yang harus kita install terpisah. Agar dapat berjalan dengan baik, Pesawat Ruang Angkasa Celestia mensyaratkan memori minimum 128 MB, Pentium 3 800 MB, dan kartu grafis yang mendukung 3D OpenGL.

Jika semua telah ter-install dengan baik, kita bisa langsung menjalankan pesawat ruang angkasa ini. Aplikasi ini menampilkan planet bumi pada layar pertamanya. Sebelum memulai penjelajahan, atur dulu objek serta keterangan yang akan dimunculkan selama perjalanan. Klik menu “Render” lalu “View Options”. Pada kota dialog “View Options”, beri centang objek serta label keterangan yang ingin anda tampilkan, lalu tentu saja klik “OK”. Jika kota-kota sampai lautan di Bumi juga akan disisipi label keterangan, klik “Render” kemudian “Locations”, dan tentukan objek di Bumi yang ingin ditampilkan. Jangan lupa juga untuk mengatur waktu penjelajahan di menu “Time”. Agar sesuai dengan waktu sekarang, pilih saja menu “Real Time”. Keterangan waktu ini nantinya akan muncul di kanan atas layar kokpit.

Perhatikan sudut layar lainnya. Keterangan yang ada di sisi kiri atas layar adalah informasi mengenai nama objek langit yang terseleksi, jarak objek dari pesawat kita, radius dan diameter objek, waktu yang berlaku, dan temperatur (dalam satuan Kelvin). Disisi bawah ada keterangan kecepatan pesawat kita, sedangkan di kanan bawah biasanya muncul keterangan pengorbitan. Misalnya anda meng-klik Sun atau Matahari, maka orbit pesawat bisa disinkronisasi (sync orbit selection) atau mengikuti (follow) matahari.

Bagaimana? Anda tertarik? Langsung kunjungi situs resminya di http://shatters.net/celestia.

Source

Advertisements

2 thoughts on “Pesawat Luar Angkasa, Celestia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s