Lima Alasan Kenapa Astronomi Keren..


  1. It’s beautiful(Ini indah)
  2. Jika Anda pergi di malam gelap tak ada bulan, Anda segera akan mengetahui apa yang saya maksudkan. Rasi bintang khususnya pada musim dingin, memiliki keanggunan tersendiri. Bulan juga merupakan objek menarik, dengan fase yang terus berubah dan sering berkonjungsi dengan benda lain di langit. Melalui teleskop kecil sistem keplanetan, galaksi, nebula dan cluster dapat disaksikan dan sering mengejutkan dalam keagungan mereka.

    Tentu saja, keindahan alam semesta tidak terbatas pada apa yang segera dapat dilihat oleh mata kita. Benda-benda angkasa dalam kategori deep space yang dapat dilihat melalui teleskop terbesar adalah objek yang paling indah yang pernah dilihat oleh mata manusia. Siapa yang tidak bisa terkesan oleh foto dari teleskop Hubble yang indah seperti Crab Nebulas dan Eagle Nebulas, atau pemandangan dari planet luar dan bulannya dari pesawat antariksa, seperti Voyager dan Cassini? Untuk melihat sendiri, setiap harinya NASA menerbitkan Astronomy Picture of the Day. Hampir semuanya mengesankan.. ehmm..

     

  3. It’s extreme.(Ini extrim)
  4. Tidak ada yang dapat dianggap biasa tentang ruang angkasa. Kebanyakan dari benda disana tak terbayangkan dinginnya, terdapat juga bintang yang sangat panas dengan suhu koronal dengan jutaan derajat. Hampir semuanya berevolusi dengan kecepatan yang luar biasa cepat: meluncur di ruang angkasa pada kecepatan ratusan atau ribuan kilometer per detik. Disekitar kita sedang berlangsung banyak bencana dengan ledakan besar dan banyak sekali energi kuat. Ini adalah alam semesta dari supernova, bintang neutron, magnetar, pulsar dan Gamma Ray Burst(sinar gamma), radiasi energi tinggi yang akan menghapuskan seluruh kehidupan di planet kita dalam sekejap ketika Bumi kita berkeliaran dalam jarak yang terlalu dekat. Keberadaan lubang hitam bisa memadatkan seluruh massa bintang ke volume yang hanya beberapa kilometer, menciptakan bidang yang tidak ada gravitasi, bahkan cahaya tidak dapat melarikan diri darinya.

    Ini adalah barang dari fantasi masa kanak-kanak. Hal ini tidak mengherankan bahwa fitur ruang angkasa begitu menonjol dalam pikiran kaum muda.

  5. It ignites our curiosity. (Ia memicu rasa ingin tahu kita)
  6. Astronomi menghadapkan kita dengan beberapa masalah yang terbesar dan paling menantang tentang sifat diri kita sendiri dan kain realitas. Sebagai ilmu pengetahuan, astronomi telah memimpin dalam meruntuhkan gagasan kuno tentang bagaimana alam harus bersikap. Pada suatu waktu kita akan percaya diri bahwa kita berada di pusat alam semesta, dengan semua benda, termasuk Matahari, berputar mengelilingi bumi. Para astronom selama berabad-abad perlahan mengungkapkan kebenaran yang berbeda. Bintang kita dan planet kita adalah salah satu yang tak terhitung jumlahnya di alam semesta. Segala sesuatu yang kita lakukan pada akhirnya hanya akan mempengaruhi sepotong amat sangat kecil di alam semesta. Penemuan ini bisa mencerahkan. Ini memberitahu kita bahwa kita tidak akan pernah tahu segalanya. Pencarian kita untuk pengetahuan tidak terbatas.

    Studi tentang bintang-bintang dan planet-planet telah mendorong keluar dari batas-batas pengetahuan ke segala arah. Kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan dan matematika tidak dapat diremehkan. Tanpa astronomi, dunia modern seperti yang kita tahu tidak akan ada. Astronomi terus membingungkan kita dan membimbing kita kepada hari ini. Objek dalam ruang angkasa tidak selalu berperilaku seperti model ilmiah yang saat ini kita punya terhadap prilaku mereka. Astronomi telah merevolusi pemahaman kita tentang alam dan ia akan terus melakukannya.

  7. It tells us about our past.(Ia mengatakan masa lalu kita)
  8. Ketika Anda melihat ruang angkasa di bintang mana saja, Anda akan melihat ke dalam sejarahnya. Jika Anda dapat menemukan Galaxy Andromeda di langit, Anda akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana ruang angkasa tampak dua juta tahun yang lalu, jauh sebelum manusia menapaki kakinya di Bumi. Teleskop terbesar saat ini dapat melihat kembali miliaran tahun yang lalu dari sebuah galaksi dalam masa “kanak-kanaknya”, masih dalam proses dibentuk.

    Sejarah ini adalah tentang diri kita sendiri, bagaimana kita sampai di sini, bagaimana dan mengapa suatu hal itu tercipta. Astronomi membuka sejarah lebih jauh dengan menjelaskan asal-usul planet kita, matahari kita, galaksi – bahkan memberikan wawasan alam semesta kita dan bagaimana semuanya dimulai sekitar 13 miliar tahun yang lalu.

    Astronomi ini menarik bahkan bila diterapkan ke cerita sederhana manusia sendiri. Kita memiliki hubungan kuat dengan bintang-bintang dan planet-planet selama ribuan tahun. Ini memandu siklus kuno tentang menabur dan memanen. Ini adalah asal muasal dari sistem kepercayaan, ritual dan agama. Ini memberikan kontribusi terhadap bahasa kita. Ini membantu sistem navigasi dan penemuan. Dalam sejarah, kita telah menyaksikan orang berjalan di Bulan dan probe robot yang diorbitkan di sistem surya – peristiwa seperti ini mungkin harus dirayakan selama ribuan tahun yang akan mendatang. Hubungan kita dengan bintang-bintang telah membentuk budaya hari ini.

  9. It’s our future.(Ini adalah masa depan kita)
  10. Astronomi adalah penting untuk masa depan kita, dari jangka pendek ke jangka panjang. Selama beberapa dekade mendatang, perusahaan-perusahaan swasta akan mengambil alih banyak tugas berat sebelumnya yang terkait dengan lembaga-lembaga pemerintah seperti NASA dan ESA. Ini akan menciptakan lapangan kerja baru dan kekayaan baru. Teleskop yang lebih besar dan peralatan yang lebih baik akan memberikan wawasan ke dalam realitas yang akan meregangkan kemampuan teknologi kita. Selama berabad-abad mendatang mungkin kita akan menjelajahi luar angkasa untuk diri kita sendiri, menggunakan teknologi yang belum sempat terimpikan. Pada akhirnya, miliaran tahun dari sekarang, matahari kita akan membesar, menghanguskan semua yang ada di planet ini sebelum tertarik dalam gravitasinya sendiri, bahan bakarnya habis dan pekerjaannya selesai sudah.

    Mungkin ada sebuah asteroid besar atau komet di luar sana di angkasa dengan nama kita di atasnya. Mungkin planet kita akhirnya akan berbalik melawan kita, memaksa kita untuk menemukan rumah baru. Mungkin kita akan menemukan cara untuk menyeberangi ruang antar bintang yang memisahkan kita dari bintang-bintang lain di galaksi kita. Semua kemungkinan ini membawa kita kepada kesimpulan bahwa bintang-bintang menjadi penting di masa depan umat manusia.

    Astronomi tersedia untuk semua, dari anak kecil dengan mainannya rocketship, sampai kepada orang lanjut usia yang dapat melihat sebuah kawah di Bulan melalui teleskop. Beberapa upaya sangat luas dalam ruang lingkup, begitu kaya dengan rinciannya, dan begitu menakjubkan dalam keterlibatan. Saya mengundang Anda untuk bergabung.. ^.^

Advertisements

3 thoughts on “Lima Alasan Kenapa Astronomi Keren..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s