XAMPP Talk: How to instal XAMPP

Pada kesempatan ini saya akan mencoba memberikan pencerahan kepada teman2 bagaimana cara menginstal program PHP all in one package di Windows. Sebenarnya masih banyak program PHP all in one package lainnya seperti WAMP tapi saya memilih XAMPP karena memang program ini yang paling mudah digunakan.

Bagi teman teman yang belum mempunyai XAMPP, silahkan kunjungi situs ini untuk mendownload versi yang terbarunya. Jika sudah download-lah file EXE-nya. Selain mempunyai size yang kecil, file EXE ini juga mudah dalam pengintalasiannya. Pada saat saya membuat tutorial ini, versi terbaru dari XAMPP adalah 1.7.3 maka screen shot-nya seperti ini..

Jika sudah di download, nama filenya akan seperti ini xampp-win32-x.x.x.exe dimana x.x.x adalah versi dari XAMPP. Pada saat ini versi yang terbaru adalah xampp-win32-1.7.3.exe. Double click pada file tersebut, maka akan muncul kotak dialog berikut..

Biarkan destination folder berada pada C:\, dan klik Instal. Pada saat selesai instalasi, terdapat kotak console yang menanyakan hal-hal berikut kepada anda:

  • Instalasi shortcut pada dekstop atau startmenu
  • Pengalokasian path XAMPP
  • dan pembuatan portable XAMPP

Sebenarnya hal-hal ini tidak-lah penting dilakukan, karena tanpa melakukan configurasi ini XAMPP anda sudah siap dijalankan. Untuk menjalankannya, klik shortcut XAMPP pada dekstop/startmenu atau double click pada program xampp-control.exe yang dapat ditemukan pada C:\XAMPP\. Jika sudah distart, maka terdapat XAMPP Control Panel seperti ini.

Terdapat 5 modul dan hanya 4 yang dapat diaktifkan. Setiap modul memiliki fungsinya masing-masing.

  • Apache digunakan untuk menjalankan local web server.
  • MySql digunakan untuk menjalankan MySql local server.
  • FileZilla digunakan untuk menjalankan FTP(File Transfer Protocol) local server
  • Mercury digunakan untuk menjalankan Mail local sever.

Untuk membuat web sederhana dengan database, cukup jalankan 2 service saja. Yaitu Apache dan MySql. Untuk menjalankannya, klik Svc(Service) terlebih dalhulu disebalah kiri lalu klik start. Jika semua sudah dilakukan maka XAMPP Control Panel akan tampak seperti ini.

Perlu diperhatikan bahwa keamaan pada beberapa service yang terdapat pada XAMPP tidaklah aman, maka dari itu kita harus mengamankannya sendiri, seperti mengubah password user root dsb. Penjelasan ini dijelaskan pada artikel berikut XAMPP Talk : Web and Database Server Protection.

Anda bisa mendukung saya untuk tetap melakukan update tutorial dengan cara mem-follow blog saya, atau mem-follow twitter saya disini, bisa juga dengan meninggalkan komentar dan atau me-request tutorial yang anda inginkan. Best regards, eSDhee

Advertisements

7 thoughts on “XAMPP Talk: How to instal XAMPP

  1. Pingback: Tutorial XAMPP: How To Make A Database and Table on MySQL « eSDhee weBlog

  2. Pingback: AJAX Talk: Simple XML HTTP Request Object Implementation « eSDhee weBlog

  3. saya instal pake xampp dengan mysql dan apache active tp bbrpa fungsi spt mysql_fetch_array tidak berfungsi. itu apa yang salah ya??

  4. Pingback: AJAX Talk : Submitting form on the fly « eSDhee weBlog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s