PHP Talk: CRUD Part 1

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba meneruskan tutorial PHP saya. Kali ini saya akan mengenalkan kepada anda bagaimana cara membangun aplikasi web dengan management database.  Aplikasi dengan management database seharusnya memiliki 4 fungsi dasar Persistent Storage dimana proses management tersebut meliputi pembuatan data dalam database(Create), pembacaan data dalam database(Read), perubahan data dalam database(Update) dan penghapusan data dalam database(Delete) atau dibiasa disebut dengan CRUD. Kali ini saya akan mengenalkan kepada anda mulai dari proses pembuatan data dalam database(Create)dan pembacaan data dalam database(Read). Pembacaan/pengambilan data dari database ini biasa juga disebut dengan Retrieve.

Pada dasarnya pengambilan data ini sama hampir sama dengan pengambilan data dari Oracle database. Hanya query yang biasanya di lakukan di SQL Plus, dimasukan dalam script PHP. Jika teman-teman belum mengikuti Tutorial XAMPP: How To Make A Database and Table on MySQL, silahkan ikuti dulu. Kenapa? karna database dan table yang akan digunakan di Tutorial ini sama dengan Tutorial tersebut. ok.., langsung saja praktiknya yuk..

Sebelum dapat me-retrieve data dari database, hal pertama yang kita harus lakukan adalah membuat koneksi ke server MySOL. Jika koneksi sudah terbuat, maka barulah kita dapat mengambil datanya.

1. Mengisi data didalam table Mahasiswa

Pertama-tama isikanlah data kedalam table Mahasiswa yang telah kita buat. Mudah saja, copy-kan query SQL berikut ke SQL compiler yang ada di phpmyadmin.

INSERT INTO `mahasiswa` (`nim`, `nama`, `prodi`, `alamat`) VALUES

(‘050504450’, ‘Setiawan Budiansyah’, ‘Teknik Informatika’, ‘Jln. Programmers No. 666’),

(‘050504564’, ‘Ucok Baba’, ‘Teknik Informatika’, ‘Jln. MySQL No. 69’),

(‘050506656’, ‘Unyil Twins’, ‘Teknik Informatika’, ‘Jln. Microsoft No. 5’);

2. Menampilkan Semua Data

Buatlah folder “tutorialphp” di c:\xampp\htdocs\. Ini dilakukan dengan tujuan seperti membuat subdomain pada server localhost kita. Setelah itu buatlah file php untuk koneksi ke server MySQL, persis seperti yang ada di Tutorial PHP: How to make and close Connection to MySQL Server. Berikan nama “config.php” sesuai dengan Tutorial tersebut. Setelah itu buatlah satu file php lagi yang digunakan untuk me-retrieve data dari database dengan nama “index.php“. Isikan dengan script berikut:

<?php

include ‘config.php’;

mysql_select_db(“tutorial”, $con) or die(“Databasenya Error”);

?>

Sampai disini kita telah membuat koneksi ke MySQL server dan memilih database dalam server tersebut dengan nama “tutorial“. Sekarang buatlah query yang digunakan untuk menyeleksi semua field yang ada pada table Mahasiswa. Berikut codenya setelah ditambahkan:

<?php

include ‘config.php’;

mysql_select_db(“tutorial”, $con) or die(“Databasenya Error”);

$query = mysql_query(“SELECT * FROM mahasiswa”);

?>

Disini kita sudah memiliki semua data yang ada dalam table mahasiswa. Nah sekarang bagaimana cara penyajiannya di html? Mudah saja, satukanlah code php dengan code html. Kita mengetahui bahwa PHP adalah Server Side Scripting, jadi apa yang kita tulis disini tidak akan terbaca oleh user yang mengakses web ini. Yang mereka bisa baca adalah HTMLnya saja. Maka dari itu PHP selalu memberikan respon dengan fungsi echo. berikut codenya setelah disatukan dengan code HTML:

<?php

include ‘config.php’;

mysql_select_db(“tutorial”, $con) or die(“Databasenya Error”);

$query = mysql_query(“SELECT * FROM mahasiswa”);

echo “<table> <caption>Data Mahasiswa</caption> <thead> <tr> <th><strong>NIM</strong></th> <th><strong>Nama</strong>

</th> <th><strong>Prodi</strong></th> <th><strong>Alamat</strong></th> </tr> </thead>”;

while($row = mysql_fetch_array($query,MYSQL_BOTH)) {

echo “<tr><td>”.$row[‘nim’].”</td><td>”.$row[‘nama’]. “</td><td>”.$row[‘prodi’].” </td><td>”.$row[‘alamat’].”</td></tr>”;

}// ini adalah perulangan pada php script yang mengulang script didalam while selama tidak ada data lagi dalam array, karena data yang diambil dari database berupa array.

echo “<tr><td colspan=’4′>Dari database Mahasiswa</td></tr> </table>”;

?>

Yang terjadi setelah menyeleksi data dari database adalah php membuat tag HTML baru berupa table. Dimana table tersebut mempunyai judul Data Mahasiswa, Kepala table dengan 4 field yaitu NIM, Nama,  Prodi dan Alamat. Didalam kondisi while terdapat fungsi mysql_fecth_array di mana disetiap perulangannya variable $row akan memiliki nilai baris baru/baris selanjutnya. Sedangkan didalam perulangannya, kita gunakan echo untuk nilai balikan. Untuk mengambil nilai suatu cell dari baris yang terdapat pada variable $row adalah dengan mengetikan nama fieldnya di setelah variable tersebut($row[‘nim’]). Perlu diperhatikan bahwa concatenation pada PHP selalu menggunakan dot(.). Dan terakhir table ditutup dengan “kaki table” yang berisi “Dari database Mahasiswa”.

Selamat! Kamu telah berhasil me-retrieve data dari database. Silahkan lihat hasilnya di http://localhost/tutorialphp

Yup.. Mungkin sekian Tutorial CRUD PHP ini, yang selanjutnya saya akan meneruskan pembahasan mengenai proses Create.. Tunggu yaa.. Semoga bermanfaat. Silahkan kunjungi PHP Talk: CRUD Part 2, untuk tutorial berantai ini.
Anda bisa mendukung saya untuk tetap melakukan update tutorial dengan cara mem-follow blog saya, atau mem-follow twitter saya disini, bisa juga dengan meninggalkan komentar dan atau me-request tutorial yang anda inginkan. Best regards, eSDhee
Advertisements

13 thoughts on “PHP Talk: CRUD Part 1

  1. Pingback: Tutorial PHP: How to make and close Connection to Database « eSDhee weBlog

  2. Pingback: Tutorial XAMPP: How To Make A Database and Table on MySQL « eSDhee weBlog

  3. oooh.. ternyata di sini tempatnya… wkwkwkkwkw…
    dr tadi malam nyari ga nemu2.. haha..
    maklum sikon tidak mendukung…

    anyway… thx so much k’efan yang …… haha ^^v

  4. Pingback: PHP Talk: CRUD Part 2 « eSDhee weBlog

  5. Pingback: PHP Talk: CRUD Part 1 « eSDhee weBlog - Cari Judul Skripsi, Makalah, Laporan

  6. Pingback: PHP Talk: CRUD Part 3 « eSDhee weBlog

  7. Pingback: PHP Talk: CRUD Part 4 (FINAL) « eSDhee weBlog

  8. yang pertama dah muncul gini..

    #1064 – You have an error in your SQL syntax; check the manual that corresponds to your MySQL server version for the right syntax to use near ”mahasiswa’ (‘nim’, ‘nama’, ‘prodi’, ‘alamat’) VALUES(‘050504450’, ‘Setiawan Bud’ at line 1

    bingung…. help me please… knapa yak ????
    😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s