Photoshop Talk : Photo Restoration and Manipulation

Mungkin teman-teman sering mendapatkan foto yang tidak enak dipandang, seperti foto dibawah ini. Dari foto dibawah ini, kita dapat melihat beberapa sisi cacatnya, e.g., fotonya terlalu bnyk noise, pewarnaan dan penerangan yang kurang, dan juga background yang tidak mendukung object. Dan mungkin object-nya juga yang kurang bagus.. Hahaha

Dari masalah yang kita dapatkan, mari kita coba memperbaiki foto diatas menjadi seperti foto dibawah ini(Lihat yang sebelah kanan). Jika teman-teman enggan menggunakan source foto diatas, teman-teman bisa mencoba tutorial ini dengan source foto lain.

Sudah terlihat jelas bukan perbedaan antara kedua foto diatas. Foto disebelah kiri diperbaiki atas dimensi pewarnaan, penerangan, noise dan latar belakang. Ok, mari kita langsung saja membongkar trik Photo Restoration and Manipulation yang dilakukan pada sumber foto.

1. Open Photoshop and add photo source

Untuk hal yang seperti ini sepertinya tidak per dijelaskan lagi ya? Karna teman-teman hanya perlu membuka photoshop dan memasukan sumber foto dengan drag and drop.

2. Duplicate layer.

Untuk menjaga keaslian sumber foto, pertama-tama mari lakukan duplikasi atas sumber foto. Caranya klik kanan pada layer background, dan pilih Duplicate Layer.. Untuk shortcut tekan saja tombol Ctrl+J. Hasilnya dapat dilihat pada screenshot dibawah ini.

3. Reduce Noise

Hal yang paling mendasar dari masalah sumber foto adalah banyaknya noise. Untuk itu mari kita pertama-tama mengurangi noise pada foto. Caranya klik menu Filter -> Noise -> Reduce Noise… Set Strength ke maksimal agar pengurangan noise terlihat jelas dan set Preserve Details ke 17%, hal ini dilakukan untuk mengurangi detail dari foto agar noise-pun juga berkurang. Untuk lebih jelasnya lihat screenshot dibawah ini.

Lihat perubahannya pada preview foto disebelah kiri. Tampak jelas bukan, noise berkurang dan gambar terlihat lebih jernih. Jika sudah, klik ok.

4. Hue/Saturation

Untuk memperbaiki sisi pewarnaan, gunakan tool Hue/Saturation yang dapat ditemukan di menu Image -> Adjustments -> Hue/Saturation.. Atau dengan shortcut Ctrl+U. Set Hue ke +14 dan Saturation ke +30, untuk lebih jelasnya lihat screenshot dibawah ini.

Jika sudah, klik ok dan lihat hasilnya seperti screenshot dibawah ini.

5. Manipulating Background

Untuk menyamarkan latar belakang, dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan Black and White mode atau dengan Blur mode. Namun kali ini mari kita coba dengan Black and White mode. Hal yang pertama harus dilakukan adalah Duplikasi layer yang sudah di atur Hue/Saturation-nya. Jika sudah, pada palette Layer akan terdapat 3 layer seperti screenshot dibawah ini.

Sebelum maju ke selecting background, saya harap teman-teman dapat mengumpulkan kesabaran, karena teknik selecting ini memang sangat membutuhkan kesabaran dan juga memakan banyak waktu.

5.a Selecting Background

Untuk teknik selecting, gunakan 2 tools dari Lasso Tools. Pertama-tama gunakanlah Magnetic Lasso Tool untuk memudahkan seleksi background. Seleksilah semua background yang ingin dibuat menjadi mode Black and White. Untuk menyempurnakan teknik seleksi, gunakan juga Lasso Tool. Jika teman-teman berhasil dalam teknik ini, seharusnya seleksi yang teman-teman hasilkan kurang lebih akan sama seperti screenshot dibawah ini.

Pastikan active layer masih pada layer terakhir. Sekarang lakukanlah seleksi pada objectnya dengan cara klik kanan pada foto dan pilih Select Inverse. Jika sudah terseleksi object manusia dan kameranya, tekanlah tombol delete. Kenapa dihapus? Karena pada layer ini kita hanya mengedit background-nya saja. Jika sudah, layer terakhir pada palette Layers akan seperti screenshot dibawah ini.

5.b Black and White mode

Untuk menjadikan warna latar belakang menjadi Black and White, lakukan dengan memilih menu Image -> Adjustments -> Black & White.. Aturlah sesuka hati teman-teman, namun yang saya lakukan adalah default seperti screenshot dibawah ini.

Jika sudah, klik ok. Maka foto sekarang akan terlihat kurang lebih seperti screenshot dibawah ini.

Ok, hampir selesai.  Fiuh…

6. Brightness/Contrast

Untuk memberikan kesan foto yang lebih terang, mari kita lakukan pengaturan pada penerangannya. Caranya klik menu Image -> Adjustments -> Brightness/Contrast. Aturlah brightness menjadi +12 seperti screenshot dibawah ini.

Jika sudah, klik ok dan lihat hasilnya. Kurang lebih akan menjadi seperti screenshot dibawah ini.

Yup, inilah hasil akhir dari teknik Photo Restoration and Manipulation. Selamat mencoba.

keywords : photoshop | editing photo | restoring photo | reducing noise | ngedit foto | memanipulasi foto | memperbaharui foto | menghilangkan noise 

Anda bisa mendukung saya untuk tetap melakukan update tutorial dengan cara mem-follow blog saya, atau mem-follow twitter saya disini, bisa juga dengan meninggalkan komentar dan atau me-request tutorial yang anda inginkan. Best regards, eSDhee

Advertisements

3 thoughts on “Photoshop Talk : Photo Restoration and Manipulation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s