Free Go-Jek Credit Rp 50.000!

Sekarang lagi booming-boomingnya Go-Jek nih. Untuk yang belum tau Go-Jek itu apa, sini gw jelasin sedikit. Go-Jek itu adalah aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk memesan Ojek(transport), meminta Ojek untuk membelikan apapun dengan nominal dibawah 1Juta(GO-SHOP), memesan makanan apapun dari restoran yang terdaftar di Go-Jek(GO-FOOD), serta mengirim barang apapun dengan menggunakan jasa Go-Jek(Instant Courier). Nah semua layanan itu bisa dibayar dengan menggunakan Go-Jek Credit. Ingat ya, hanya layanannya saja, klo barangnya ya bayar sendiri donk pakai Cash.

Untuk yang baru pertama kali menggunakan Go-Jek bisa menggunakan kode voucher ini nih, 542559870, dan ini gratis! Nah, buat yang belum tau caranya memasukan kode voucher Go-Jek, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka aplikasi Go-Jek, dan klik tombol Credit berlambang dompet seperti digambar bawah ini,

Go-Jek

Lalu tampilah halaman Go-Jek Credit, masukan Kode Voucher Go-Jek 542559870 kedalam kotak Voucher Code/Referral Code lalu tekan Ok. Seperti dibawah ini.

Go-Jek Credit

Selamat! Anda telah mendapatkan Go-Jek Credit senilai Rp. 50.000! Ingat! Keep spreading the GO-JEK love!

Sekian informasi yang bisa ane bagi ke teman-teman diblog ini. Semoga membantu ya. Dan jangan lupa isi komentar ya. Best regards, eSDhee

Hati-hati! Driver Go-Jek Penipu! [UPDATE: SEDIKIT KESALAHPAHAMAN]

Buat yang suka memakai jasa Go-Jek untuk membantu memesankan ojek buat teman, sebaiknya anda lebih berhati-hati dengan driver yang satu ini. Namanya Murdanih, sepertinya biasa mangkal di daerah Bekasi Barat, karna ane pesan untuk teman ane yang ada di Bekasi Barat.

Ceritanya seperti ini, jam 7.40 ane pesen Go-Jek buat jemput temen ane didaerah Bekasi Barat. Jam 7.45, ada status “Sorry Can’t Find Driver”, ya biasalah status begini klo yang sering pake Go-Jek. Trus ane langsung pesen lagi nih di jam 7.45, nah jam 7.48 ane dapat nih driver dengan nama Murdanih. Yaudah ane kabarin dah tuh temen ane, setelah itu ane tinggal deh beres-beres buat berangkat kerja.

Sesampainya ane di kantor, ane cek hp ane, dan ada miss-call 1x dri nomor yang berbeda dengan nomornya si Murdanih ini. Ane tanya dah tuh, “Maaf tdi saya sedang dijalan, ada apa ya?“. Dibaleslah tuh, “Dri gojek, ko bokingan lom di selesai ma saya, maap y“. Ane pikir, ah udah sampe kali ya dia, ane langsung kasih bintang aja 5. Karna ane orangnya nggak banyak pertimbangan klo buat urusan beginian dan memang klo pagi-pagi tuh rasanya hectic bgt dikantor, ya itung-itung bagi rejeki bintang lah sama tukang ojek.

Pas agak selow, ane tanyain dah tuh temen ane. “Sampe kantor jam brp?“, dia bales “Barusan, tpi nggak pake gojek. itu tdi abangnya salah klik. Gw pergi pake kreta.“. Wah yang salah klik ane kyknya nih. Haha. Langsunglah ane bilang nih orang udah boongin aplikasi. Cuman asal klik-klik aja yang penting dapet duit.

Buat anda yang pengen tau wajahnya si Murdanih, ini screenshot-nya.

Murdanih

Driver Gojek Penipu!

Buat yang pengen tau nomor si penipu, ini dia,

  • 0812-9630-9186 (Nomor yang teregistrasi di Go-Jek)
  • 0812-9376-4546 (Nomor yang digunakan untuk tlp)

Ini pesan yang ane kirim ke driver ini,

SMS Penipu

Akhir kata, dijaman yang udah serba gampang ini ada aja ya orang yang masih tega buat nipu. Hedeh. Lain kali harus lebih hati-hati pesan Go-Jek nih!

UPDATE 

Mohon maaf, ternyata ada sedikit kesalahpahaman setelah saya cek lebih lanjut. Untuk nomor ada 2 itu karena Go-Jek yang saya pesan tidak mau menerima pesanan karna tidak mau menunggu lebih dari 10 menit. Jdi dia minta Cancel. Nama driver dengan nomor hp pertama adalah Abdillah(cakung).

Teman saya akhirnya pesan Go-Jek lagi dan mendapatkan driver yang saya sebut diawal tadi. Entah mengapa jalan ceritanya bisa seperti diatas ini, sepengetahuan teman saya, si Murdanih ini salah klik jdi sebelum sampai ke lokasi penumpang dia sudah klik “On The Way” atau apalah istilah app versi driver disana. Nah teman saya ini merasa ditinggalin jadi langsung sabut aja tanpa mempedulikan status Gojek lagi. Ternyata setelah jalan beberapa menit si Murdanih ini tlp menanyakan “Mbaknya dimana? Saya sudah dilokasi nih”. Nah loh, jeng jeng.

Ya mungkin ini human error aja kali ya, semoga. Untuk kedepannya sih harapannya Go-Jek memberikan pelatihan yang mendalam dalam pemakaian aplikasi Go-Jek untuk pada drivernya. Karna klo kesalahannya seperti ini penumpang pasti udah suudzon duluan. Klopun kejadian Human Error, ya paling tidak driver Go-Jeknya kasih tau donk, tlp atau sms kalau salah pencet dan minta tolong ditunggu kedatangannya.

Akhir kata, saya sebagai pemilik blog, mohon maaf atas judul artikel yang sedikit nyeleneh. Dan semoga kedepannya ada perbaikan dari sisi bisnis proses Go-Jek.

Begitu aja sih informasi yang bisa ane bagi ke teman-teman diblog ini. Semoga membantu ya. Dan jangan lupa isi komentar :)

Android Talk : Asynchronous HTTP Connections using Project Library

HTTP Connections adalah sebuah koneksi Request/Response based dan selalu diinisialisasi oleh client. Secara sederhana HTTP Connections dapat digambarkan ketika suatu aplikasi ingin mengambil data melalui sebuah URL, maka aplikasi itu akan menggunakan HTTP Connection.
Kebanyakan HTTP Connection berjalan sinkron dengan UI, jadi terkadang membuat UI Android menjadi tidak dapat menerima respon dari pengguna(Not Responding). Di tutorial ini kita akan belajar bagaimana cara membuat koneksi asinkron yang mengakses Twitter Public Timeline API.

Tutorial Details

  • Program : Eclipse, Android SDK,  AndroidConnections Lib
  • Topic : Asynchronous HTTP Connections using Project Library
  • Difficulty : Easy to Intermediate
  • Estimated Completion Time : About 15 minutes

Assumptions

  • Anda sudah menguasai dasar pemograman Android.
  • Anda sudah memahami basic Android Connection.
  • Anda memahami cara kerja Webservice merupakan sebuah nilai lebih.
  • Pernah menggunakan Twitter RESTful API dapat mempermudah anda dalam memahami tutorial ini.

Step 1. Creating a new project

Buatlah android project dengan spesifikasi seperti berikut:

  • Project Name : AndroidTutorialConn
  • Target/Build SDK : API 4
  • Min SDK : API 4

Continue reading

CodeIgniter Talk : Basic Image Uploader

Pengunggahan image pada suatu website nampaknya merupakan salah satu backbone aplikasi yang tak dapat dipungkiri lagi keberadaannya. Dengan adanya fungsi ini, suatu website dapat menyediakan banyak fungsi-fungsi lain yang berhubungan dengan image, e.g., Change Profile Picture, Change Avatar, Share Image, Picture Editor, etc. Tutorial ini dibuat sesuai dengan salah satu request dari pengunjung.

Tutorial Details

  • Program : Codeigniter v2.1.0
  • Topic : Basic Image Uploader
  • Difficulty : Easy to Intermediate
  • Estimated Completion Time : About 30 minutes

Assumptions

  • Anda sudah memahami cara kerja framework CodeIgniter.
  • Anda sudah mengerti bagaimana URL terbentuk dalam framework CodeIgniter.
  • Anda mengerti tentang penggunaan mod_rewite dalam CodeIgniter merupakan suatu nilai tambah.
  • Anda sedang mengalami kesulitan dalam pembuatan halaman yang dapat mengunggah image.

Step 1. Configuring CodeIgniter

Unduh framework CodeIgniter versi 2.1.0 disini dan extract di folder xampp/htdocs/. Setelah itu rename folder CodeIgniter_2.1.0 menjadi tutorial-ci-image-uploader. Buka dengan web browser halaman http://localhost/tutorial-ci-image-uploader, anda akan melihat halaman default CodeIgniter yang belum dikonfigurasi.

Untuk mengkonfigurasi CodeIgniter anda harus mengubah beberapa script PHP yang ada pada folder /tutorial-ci-image-uploader/application/config/.

Continue reading

CodeIgniter Talk : Pagination

Bagi kebanyakan website dinamis (e.g., blog, search engines, news, etc) memerlukan navigasi halaman. Navigasi ini akan terbentuk secara dinamis (ketika suatu halaman di-load) bergantung pada jumlah data yang tersimpan dalam database atau jumlah data yang dibentuk untuk sebuah report.  

Tutorial Details

  • Program : Codeigniter v2.1.0
  • Topic : Pagination
  • Difficulty : Easy to Intermediate
  • Estimated Completion Time : About 30 minutes

Assumptions

  • Anda sudah memahami cara kerja framework CodeIgniter.
  • Anda sudah mengerti bagaimana URL terbentuk dalam framework CodeIgniter.
  • Anda mengerti tentang penggunaan mod_rewite dalam CodeIgniter merupakan suatu nilai tambah.
  • Anda sedang mengalami kesulitan dalam pembuatan navigasi halaman(page navigation).

Step 1. Configuring CodeIgniter

Unduh framework CodeIgniter versi 2.1.0 disini dan extract di folder xampp/htdocs/. Setelah itu rename folder CodeIgniter_2.1.0 menjadi tutorial-ci-pagination. Buka dengan web browser halaman http://localhost/tutorial-ci-pagination, anda akan melihat halaman default CodeIgniter yang belum dikonfigurasi.

Untuk mengkonfigurasi CodeIgniter anda harus mengubah beberapa script PHP yang ada pada folder /tutorial-ci-pagination/application/config/.

  • Configuring config.php file

cari script seperti berikut :

$config['base_url'] = '';

dan diubah menjadi, Continue reading

CodeIgniter Talk : Mod Rewrite

CodeIgniter secara default akan meletakan index.php pada url website sebelum nama controller dan fungsinya. Index.php berperan sangat penting pada CodeIgniter karena ini merupakan front controller bagi framework CodeIgniter. Kita tidak dapat menghilangkan ini namun kita masih bisa mengambil index.php dari url aplikasi kita. Tentunya hal ini adalah suatu yang wajib bagi mereka yang menyukai simplisitas pada url website mereka.

Tutorial Details

  • Program : Codeigniter v2.1.0
  • Topic : Mod Rewrite
  • Difficulty : Intermediate to Insane
  • Estimated Completion Time : About 20 minutes

Assumptions

  • Anda sudah memahami cara kerja framework CodeIgniter.
  • Anda sudah mengerti bagaimana URL terbentuk dalam framework CodeIgniter.
  • Anda tidak suka dengan keberadaan index.php pada URL website anda. :)

Step 1 Adding .htaccess file

Untuk mengontrol url pada website kita, kita dapat menggunakan .htaccess file ini. Sekarang buatlah file ini di root folder aplikasi web anda. Setelah itu isikan dengan script dibawah ini,

Continue reading